Jumat, 06 April 2012

Presiden Malawi pingsan akibat serangan jantung

 
Blantyre (ANTARA News) - Presiden Malawi Bingu wa Mutharika pingsan setelah mengalami serangan jantung pada Kamis, ditengah meningkatnya kekecewaan pada kepemimpinannya dan tuntutan akan pengunduran dirinya.

Menurut radio pemerintah, presiden berusia 78 tahun yang berada dalam kondisi kritis itu akan diterbangkan ke Afrika Selatan untuk mendapatkan perawatan spesialis pada Kamis malam dan para pejabat meminta masyarakat Malawi mendoakan kesembuhannya.

Seorang pejabat senior di Rumah Sakit Pusat Kamutu di ibu kota politik Lilongwe mengatakan Mutharika ambruk di kediaman resminya dan langsung dibawa ke rumah sakit itu dimana dia dirawat dalam unit rawat intensif.

"Ia masih pingsan sejak pukul 09.00 waktu setempat (14.00 WIB)," kata pejabat yang tidak bersedia namanya disebutkan seperti dikutip Kantor Berita AFP.

Mutharika, mantan ekonom Bank Dunia yang pertama kali berkuasa tahun 2004, terpilih kembali tahun 2009 sebagai presiden negara Afrika bagian selatan yang miskin itu.

Tetapi masa jabatan keduanya dinodai oleh protes-protes anti-pemerintah. Para aktivis menuduh dia tidak becus mengurus ekonomi dan menginjak-injak kebebasan demokrasi.

Dua pekan lalu ia berikrar akan memerintah sampai masa jabatannya berakhir tahun 2014 setelah satu kelompok hak asasi manusia terkemuka mengancam melakukan aksi kekerasan jika dia tidak mengundurkan diri atau menyerukan referendum mengenai kepemimpinannya.


http://www.antaranews.com/berita/305058/presiden-malawi-pingsan-akibat-serangan-jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar