Senin, 07 Januari 2013

kumpulan kata serapan yang biasa dipergunakan dalam ilmu informasi

Berikut ini adalah kata serapan yangbiasa di pergunakan dalam teknologi sistem informasi :

Web : merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.

Internet : merupakan jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data.

E-mail : E-mail(Electronic mail) atau surat elektronik, Berfungsi untuk mengirim pesan melalui jaringan internet.

Program : adalah susunan instruksi (yang logis) untuk komputer yang ditulis atau disusun dalam bahasa yang dikenal oleh komputer yang kemudian dieksekusi atau diproses oleh komputer.

Linux : adalah sebuah (OS) operating system atau sistem operasi yg berbasis opensource.

Unix : adalah nama sebuah system operasi perangkat lunak computer yang mengatur dan mengendalikan operasi dasar system computer.

Blog : merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Crack : adalah kegiatan yang menghilangkan proteksi terhadap suatu perangkat lunak ataupun perangkat keras dengan cara memaksa masuk kedalam suatu sistem dari perangkat tersebut.

Scanner : merupakan alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya mesin fotokopi ke dalam bentuk digital.

Loading : adalah proses memuat dan mengumpulkan bagian-bagian yang terpisah suatu fileatau class dalam satu tempo untuk mendukung support kinerja system secara keseluruhan.

Chace : adalah Suatu tempat untuk menyimpan sesuatu secara sementara, mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah di akses di suatu buffer, dengan harapan jika data yang sama akan diakses, akses akan menjadi lebih cepat.

Captcha : adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer.

Bios : ( Basic Input Output System) merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer.

Dos : merupakan sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer.

Data : data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. data masih belum dapat 'bercerita' banyak sehingga perlu di olah lebih lanjut.

File : urutan komponen yang mempunyai tipe sama.

Lan : (Local Area Network) suatu jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Wan : (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Database : adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Table : adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

VGA : (Video Graphics Accelerator) berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor.

Server : adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Wifi : adalah teknologi populer yang memungkinkan perangkat elektronik untuk pertukaran data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui jaringan komputer.

Save : berfungsi untuk menyimpan data.

Hosting : adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain atau jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar